Perjalananku di Tahun 2017 Persiapan Masuk Kuliah + SBMPTN & SNMPTN (Kelas 3 SMA WAJIB Baca)

Tahun 2017 adalah tahun yg sangat berharga bagiku. Tahun ini adalah tahun dimana aku lagi fanatic nya jalan-jalan melancong kemana-mana gak kenal lelah, tahun ketika aku lagi gencar-gencar nya mempersiapkan masa depan cerah, tahun disaat aku tiba-tiba harus sangat mandiri karena merantau demi cita-cita dan harus jauh dari orang tua, tahun dimana sibuk-sibuk nya seorang anak yang lulus SMA dan mempersiapkan segala hal utk lanjut kuliah.



Dimulai dari bulan Januari. Saat itu aku inget banget, aku duduk di meja belajar ku yang udah usang, lapuk, dan hampir roboh itu. Meskipun sudah jelek, tapi meja belajar itu mampu menemani ku belajar sejak aku duduk di bangku kelas 4 SD (cie elah). Di meja belajar, aku cek universitas-universitas yang bakal buka bedah kampus dan try out di kota kelahiran ku, Pekanbaru. Cek di OA Line, Website, Facebook, Twitter, dll. Agar aku gak ketinggalan info. Kemudian aku list satu-satu. Misal nih, UGM mengadakan bedah kampus di Pekanbaru tgl berapa, dimana, jam berapa, trus adain try out jamber, dimana, dan bayar berapa. Trus PKN STAN juga gitu. UI juga. UNAND, UNPAD serta UNDIP. Lalu aku tempel tuh di meja belajar supaya bisa mengikuti seluruh kegiatan tsb. Nah, waktu itu aku memutuskan utk ikutan try out SIMAK UI, USM PKN STAN, dan SBMPTN UNPAD. Yang masing-masing biaya nya rata-rata 30ribu-an. Jadi lah total utk try out offline itu habis 60ribu. Dan terima kasih kepada emak. Karena udah mau nalangin :") 


Abis itu, aku ikutan bedah kampus nya. Dan cuman bisa ikutan yang diadain oleh PKN STAN, UNAND dan UGM. Sisanya gak bisa hadir karena bentrok sama jadwal gini goni gino gono + kemalasan yang HQQ. Hiks hiks :'(

Nah bedah kampus dan try out itu diadain bulan Januari sampe Februari gtu biasanya. Jadi harus menyempatkan diri di tengah kesibukan mempersiapkan UAS, USBN, UN, SBMPTN, USM PKN STAN. Kalo bisa, bacanya di eja-eja satu-satu yaaa. Huahahaha. Makan tuh. Habisin :(



Dan aku juga mau berterima kasih kepada Memed (my best friend yang duduknya di depan aku waktu masih SMA dlu. Btw memed ini cewek loh) dan seorang bujang yang dr kemaren ku sebut dalam blog ini. Mereka setiaaaaaaaa banget nemenin aku, kalo aku ajak, biasanya mau. Karena mereka juga butuh ikutan ginian. Uwkwkwkwk :D


Aku inget banget saat masa masa suram itu. Ketika pagi sekitaran jam 7, Memed sudah setia nungguin stay di depan tempat karaokean deket tempat jual bensin eceran. Lalu aku dan seorang bujang itu nemuin memed disitu. Jadilah kami berangkat bareng bareng tapi beda motor. Btw, aku tinggal di Pekanbaru bukan di pusat kota nya sih, tapi Pekanbaru yang agak pesisir. Huahaha. Jadi agak jauh dikit. Paling ke Pusat kota nya sekitar 15 hari. Eh, 15 menit maksudnya (Fix gapenting, uwuw)



Aku yang agak lelah (ntah cuman aku doang, ntah seluruh pelajar Indonesia) mengikuti event event itu, menjadi makin terbuka pikiran utk ikut semua semua nya. Di bulan Januari dan Februari pula, aku dan temen temen ku sering berkunjung ke BK untuk konsultasi ini PTN nya ada jurusan apa aja, jurusan ini belajar tentang apa aja, prospek kedepannya gimana, dll. Mungkin ada kali ya 4 kali konsultasi di BK :D Konsultasi itu pun membuka pikiran ku kembali mengenai kuliah. Tibalah saat nya pendaftaran SNMPTN dibuka tgl 21 Februari - 6 Maret. Saat itu bimbang banget mau milih kemana jurusan apa. Belum terpikir. Trus aku berkonsultasi juga sama mama dan papa. Banyak yang bilang jangan ambil yang terlalu tinggi karena kalo SNMPTN itu ngelihat dr kenaikan rata rata nilai rapor tiap semester. Kata guru BK, lebih bagus rata rata nya naik tiap semester. Dari pada nilai bagus tapi naik turun rata rata nya tiap semester. Sedangkan nilai ku ada yang naik turun. Trus sekolah ku juga belum terlalu favorit akibat musibah kebakaran yang menimpa SMA ku waktu ku kelas 1 SMA :(

Dan aku lupa dlu daftar di mana aja untuk SNMPTN.



Masuk ke bulan Maret dimana aku UAS. Aku jawab sebisa mungkin, semaksimal mungkin, agar nilai ku bagus. Nah. Setelah UAS, aku belajar utk persiapan USBN. Karena itu yang bakal di hadapin selanjutnya. Tak lupa juga utk menyempatkan diri demi persiapan Ujian yang tersisa, yaitu UN, SBMPTN, dan USM PKN STAN. Pada tgl 20 Maret 2017, tibalah saatnya USBN. Aku agak deg deg sih. Karena konon katanya (bukan konon katanya lagi, emang udah bener), nilai USBN akan dicantumkan di ijazah. Dan syarat utk daftar PKN STAN (universitas yang dlu ku idamkan dan sekarang masih ku cintai) adalah nilai rata rata ijazah gaboleh di bawah 7 gengs. Mangkanya aku harus membagus baguskan nilai USBN ku ini. Setelah kulalui ujian yang memabukkan alias menegangkan itu, aku bertapa. Eaaaaakkkkkkkk. Gadeng. Setelah itu, aku sama yaaaa. Lagi lagi mempersiapkan diri utk ujian yang berikutnya (udah kayak ninja warior belum?). Ujian ini lebih menegangkan dikarenakan namanya adalah Ujian Nasional dimana seluruh anak SMA kelas 3 serentak mengikuti ujian ini. Huadoh......



Yaudin, dihadapi aja. Ikhlas tenan. Ngarep nilai bagus. Dan jreng jreng jrengeeeeeee...... Tibalah saatnya UN. kalo gak salah sih ya, UN tahun 2017 itu diadakan tanggal 10 April 2017 (eh bener kok, gak salah, soalnya udah di searching di internet. Hmmmm, inilah blogger yang sangat jujur). Dan tgl 26 April 2017, tibalah pengumuman SNMPTN. Hasilnya sungguh mengecewakan. You know that. Hamba tidak lolos :(


Tanggal 29 April 2017, aku mendaftar kan diri untuk mengikuti PBUD di salah satu universitas swasta terbaik di provinsi Riau yaitu Universitas Islam Riau (UIR). Aku mendaftar di jurusan teknik perminyakan. Kenapa aku daftar di universitas swasta? Karena prinsip aku gini, apa salahnya kita mencoba berbagai kesempatan yang ada. Apalagi mendaftar di UIR ini gratis a.k.a. tidak bayar a.k.a. free. Jadi bisa untuk cadangan apabila terjadi hal yang diluar keinginan kita.



Trus muncul pertanyaan, "berarti kakak ngambil kesempatan orang lain dong?", gak ada yang namanya ambil kesempatan orang lain. Diluar sana banyak universitas alternatif lain yang bisa orang lain itu ambil kok. Lagian universitas itu bakal mencari cara agar kursi kuliah itu terpenuhi semua, salah satunya dengan menaikkan kuota dalam ujian mandiri. See?



Setelah UN usai, sisa ujian hidup ku adalah SBMPTN dan USM PKN STAN. Ujian hidup ini adalah ujian yang paling paling super duper yang sangat teramat amat menentukan kehidupan ku selanjutnya. (maafkan pemborosan kata ini, tapi ini benar benar seperti itu, udah gabisa diungkapin lagi dengan kata).



Kalo aku ditanya nih, "Susahan SBMPTN atau USM PKN STAN kak menurut kakak kak?", Susah dua duanya. Tapi menurut lubuk hati yang terdalam, soal soalnya lebih susah SBMPTN ketimbang USM PKN STAN. Mungkin karena waktu itu aku lebih cepat dalam persiapan USM PKN STAN, yang mengakibatkan aku lebih prepare ke USM PKN STAN. Sekedar tahu aja sih, aku persiapan USM PKN STAN itu setelah kenaikan ke kelas 3 SMA. Sedangkan persiapan utk ujian SBMPTN, saat bulan Desember 2016. Dan aku gak terlalu suka (maksudnya kesusahan) ketika mengerjakan soal SBMPTN, karena ada IPA, dan matematika nya sulit pake BANGET. Padahal aku suka matematika sejak kecil. Tapi matematika nya itu mirip mirip soal yang udah S1 (kata orang). Trus IPA nya susah, gak kayak dipelajaran SMA gtu, tapi udah mendalam banget seperti soal olimpiade. Ini aku bukan menghujat SBMPTN yaaa, aku bicara sesuai pandangan pribadi. Berbeda dgn USM PKN STAN, matematika nya lebih ke penalaran atau lebih ke menelisik suatu hal dalam masalah di MTK itu. Gimana ya jelasinnya. Pokoknya gtulah. Kadang matematika nya ada kok yang kayak pelajaran di SMA, tapi dikit. Seperti (g)(o) (f), kecepatan, perbandingan, dll. 



Sayangnya kadang soal nya suka di putar balik biar membingungkan dan kadang baca soalnya aja tuh udah males. Trus bahasa Indonesia nya sama sih dengan SBMPTN. USM PKN STAN ini menyenangkan. Karena ada soal penalaran dan premis yang kadang bikin penasaran ketika mengerjakan nya. Eits. Tapi jangan terlalu penasaran ketika USM PKN STAN yaaa, walaupun bisa dibilang agak mudah, tapi itu adalah jebakan dalam me manage waktu. Kalo kalian terlalu penasaran sehingga soal lain yang bisa kalian kerjakan, tidak sempat kalian kerjakan karena kehabisan waktu disana, makan habislah sudah. Kecewa 'kan datang. Eh SBMPTN ini ada juga kok soal penalaran dan premis.



Nah. Kalo kalian penasaran dengan soal soal USM PKN STAN dan SBMPTN, Kalian bisa download di internet. Banyak kok. Jadilah orang yang mempunyai rasa ingin tahu kalo ingin sukses. (kedip mata)

Utk SBMPTN, aku bener bener fokus nya itu 2 minggu sebelum SBMPTN, karena ntah kenapa aku lebih cenderung ke USM PKN STAN terus. Tibalah saatnya tgl 16 Mei ikut ujian SBMPTN. Oya sebelum ikut ujian itu, aku daftar dlu dong ya secara online. Trus melakukan pembayaran sebesar Rp200.000. Waktu mendaftar, aku pilih 3 prodi.

-Pilihan pertama = Kedokteran gigi universitas xxxx

-Pilihan kedua = Geofisika universitas xxxx

-Pilihan ketiga = teknik informatika universitas xxxx





(Sumber : https://blog.mamikos.com/wp-content/uploads/2017/01/Ujian-SBMPTN-2017-1.jpg)



Tibalah saatnya Ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Ujian nya tuh jam 7.30. Dan ujian nya itu lokasi nya beda beda tapi masih dalam satu kota. Yang satu di universitas Riau, ada yang di Universitas Muhamaddiyah, ada jg yang di UIN SUSKA. Nah aku kebagian ujian di UIN SUSKA. Pagi pagi jam 6 aku berangkat ke rumah Saudara ku yang juga tinggal deket rumah. Trus berangkat nya bareng sama dia karena di anter ayahnya saudara ku itu biar bareng. Karena alhamdulillah lokasi tes nya samaan di UIN SUSKA juga. Kami berangkat jam 6 an dari situ. Menuju UIN SUSKA membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sehingga nyampe nya jam 7 kurang. Ternyata gedung ujian aku dan saudara aku agak jauh. Jadi om aku nganter saudara aku dlu, baru nganter aku ke gedung ujian karena gedung ujian ku di ujung sudut kampus (Fix ini gapenting lagi). Sebelumnya, panitia menyarankan peserta tes utk sampai di lokasi tes sekitar setengah jam sebelum ujian. Alhamdulillah datang tepat waktu. Sehingga masih ada waktu ku utk menenangkan diri. Disana aku ketemu sama teman satu sekolah, bahkan satu kelas di gedung yang sama. Udeh kayak reunian deh.



Lalu jam 7.15 kami dipersilahkan masuk kelas ujian masing-masing. Trus aku kenalan deh sama teman sebelah ku. Aku tanya dia asalnya dari mana. Dan katanya dari Pangkalan Kerinci. Itu jauh cuy. Tapi masih wilayah Riau juga sih. Sekitar 2 jam an. Tapi dia mau tempuh perjalanan sejauh itu demi ikutan SBMPTN. Itulah yang namanya segala sesuatu butuh perjuangan, tanpa pengorbanan, mulia adanya, berpegangan tangan, dalam satu cita, demi masa depan. Indonesia Jaya. (Malah nyanyi)



Ketika mengerjakan SBMPTN, mataku terbelalak karna susah banget. Padahal aku berharap poin di Biologi. Tapi soal soal Biologi udah kayak olimpiade. Beneran deh, suer. Padahal biologi udah aku rangkum sedemikian rupa juga, tapi gak ada yang keluar satupun. Tapi ini gak menciutkan semangat ku, aku cari cari lagi soal yang menurutku bisa utk dikerjakan walaupun caranya panjang sekalipun. Tapi demi menabung point dan ku usahakan utk tidak salah karena sistem nya benar +4, salah -1, kosong 0.



Sampai waktu menunjukkan pukul 9.15 tandanya waktu utk mengerjakan soal TKD (Saintek) habis. Lalu peserta lain pada berhamburan keluar. Ada yang wajah nya menyedihkan amat, ada yang biasa aja, ada yang kayak orang sakit, ada yang sumringah. Sedangkan aku termasuk kategori pertama, yaitu menyedihkan. Trus aku keluar ruang kelas. Mereka ada yang duduk di emperan teras, ada yang keluar gedung nemuin temannya, ada yang berdiri bediri di depan kelas, ada juga yang menghilang gak tau kemana (eh). Karena istirahat nya lumayan lama (45 menit), aku memilih duduk di tangga (kayak gembel). Di tangga, aku buka buku dan me review materi materi penting dan rumus yang sudah ku resume. Awalnya cuman ada 2 atau 3 orang yang duduk di tangga. Lama lama penuh juga tuh tangga didudukin orang yang gabut nungguin masuk ujian (tangga nya laku gaes).



Lalu jam 10.00 pun datang. Itulah saatnya masuk ruang kelas lagi utk ujian TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik). Aku mengerjakan dengan sungguh-sungguh, dan ada jg beberapa soal sulit yang ku tinggalkan. Ujian selesai pukul 11.45. Dan semua nya keluar gedung tersebut. Wajah ku masih sama menyedihkan nya dengan yang tadi pagi kok. Kepala ku terasa pusing sekali memakan soal SBMPTN itu. Badan ku ntah kenapa panas (lebay si). Tapi rasanya lega. Yang penting berusaha dlu, hasil nya memuaskan atau tidak, liat nanti. Yang penting sudah mencoba. Dan gak sia sia kok bayar Rp200ribu untuk mencoba peruntungan :)



Tinggal 1 lagi ujian kehidupan yg harus ku hadapi, tapi ini yang paling mendebarkan karena ini yang paling ku tunggu, harapkan dan idamkan yaitu tes masuk PKN STAN. Kalian bisa baca Blog ku ttg Gimana tes masuk PKN STAN di link di bawah ini :

http://alifiaiqbal.blogspot.co.id/2017/12/pengalaman-tes-masuk-pkn-stan.html?m=1 karena ceritanya panjang buanget polll. Kalo dimuat disini, bakalan kepanjangan sepanjang jalan kenangan.



Nah, kalian tauu setelah baca, akhirnya alhamdulillah aku lolos masuk PKN STAN. Yipiiii.



Ada cerita sebelum itu terjadi.



Tgl 8 Juni 2017, muncul pengumuman kelulusan PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) nya, Alhamdulillah aku keterima di teknik perminyakan.



Tgl 13 Juni 2017, tepatnya 8 hari setelah tes Tahap III masuk PKN STAN (TKD), muncul pengumuman SBMPTN. Walaupun aku agak PD (kalo gak keterima agak santai), karena udah lolos sampe tahap III dan udah punya pegangan di universitas swasta jurusan teknik perminyakan, tapi aku tetep ngarep. Karena aku juga penasaran kemampuan ku sampai mana. Namun Astagfirullah ya Allah....... Internet nya lemot lagi? Ya tau sendiri lah. Kalo website nya di akses sama banyak orang, otomatis lemot. Yaudinlah aku nungguin sampe siang. Trus aku tanya sama si bujang (tau kan si bujang?), "kamu lolos?". Trus dengan girang nya dia balas pesan line ku "iya lolos di universitas xxxx jurusan teknik informatika di pilihan ke 3. Alhamdulillah". Waaaah keren. Si bujang lolos! Lah aku? Aku buka lagi laptop ku, tadinya sempat nyerah utk buka pengumuman, tapi sekarang ku mencoba lagi. Keringat ku bercucuran deras. Sebelumnya aku udah bilang ke mama "ma, kalo gak lolos, gapapa ya?" dan OMG....... Alhamdulillah aku lolos di universitas dan jurusan yang sama dengan si bujang. Huft, jangan jangan kami bakal sekelas lagi dan sebangku lagi kayak SMA????! Wah, aku bersyukur karena udah punya 2 pegangan.. Sekali lagi Alhamdulillah.



Aku solat hajat hampir tiap hari, memohon kepada yang Ilahi agar nama ku tertera di pengumuman kelulusan PKN STAN. Doa ku tak henti henti nya agar Allah bisa memberikan yang terbaik untuk ku. Rasa syukur terus ku haturkan di setiap doa doa ku. Aku sudah mencari info sebanyak mungkin, aku sudah mencoba se hectic ini, aku sudah berusaha sejauuuuuuuh ini. Berikan yang terbaik untuk Hamba.



Tanggal di kalender menunjukkan tanggal 16 Juni 2017. Udah ditunggu sampe sore tapi kok belum ada jg sih pengumuman kelulusan PMB PKN STAN nya? syedih deh :"(



TETAP TENANG. Itulah yang terus ku lintaskan di benak pikiran ku. Aku udah gak sabar lagi. Sampe loncat loncat di sofa karena gemes banget belum juga pengumuman nya keluar. Padahal waktu itu lagi puasa. Untuk mengusir rasa penasaran, aku menggoreng nugget utk persiapan buka puasa. Waktu itu mama lagi kerja dan bakal pulang malem. Sedangkan papa masih kerja. Jadinya tinggallah aku dan adik kecil ku yang paling manis di rumah saat itu. Hanya berdua. Dan ketika 15 menit sebelum adzan maghrib, pengumuman nya keluar. Masih sama, susah di buka. Dan jreng jreng jreng. Alhamdulillah nama ku terpampang nyata di pengumuman itu. (sebenarnya udah aku jelasin sih di entri lain dr blog ini, tapi gapapa deh ya biar memperpanjang, hehe, pissss)



Dan doa ku semuanya terjawab nyata, ini lah yang disebut kuasa Allah. Apapun bisa terjadi.

Muncul masalah baru gengs!!!!!

AKU HARUS JAUH DARI ORTU.


Sekedar tahu saja,  Berhubung banyak yang nanyain ‘STAN itu ada dimana aja ya?’

Jadi, kampus STAN itu cuma ada di 2 lokasi, yaitu Bintaro (Tangerang Selatan) dan Rawamangun (Jakarta Timur). Sedangkan yang ada di kota kota lain itu disebut dengan Balai Diklat Keuangan (BDK). Noh aku beritahukan daftar kampus STAN dan BDK, serta fungsinya.

1. Kampus PKN STAN Bintaro : buat anak anak DIII selain Bea Cukai (BC), DI Pajak, DI KBN, DI Bea Cukai, DIII Kurikulum Khusus, DIV, DI Pemda

2. Kampus PKN STAN Rawamangun : dipake anak anak DIII BC dan DI BC

3. BDK : dipake anak anak DI Pajak dan DI BC, dan DI KBN.

BDK Sendiri ada di 12 kota : Medan, Palembang, Cimahi, Pekanbaru, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Pontianak, Balikpapan, Manado, Magelang, dan Makassar. Alamat lengkap, bisa cek di http://www.bppk.depkeu.go.id/index.php/id/.



Kalo untuk sebelum tahun 2017, Anak D1 Pajak, D1 Bea Cukai, dan D1 KBN (Kebendaharaan Negara) nya itu tersebar di beberapa kota. Namanya itu Balai Diklat Keuangan (BDK).

Untuk tahun 2017 ada peraturan baru nih, semua nya ngumpul di kampus utama yaitu di PKN STAN bintaro, termasuk anak D1 nya. Jadi gak di BDK lagi, gak di kampus Rawamangun lagi, tapi di Kampus PKN STAN Bintaro semuanya. SEMUANYA. SEMUANYAAAAAAAA!!  (iya kak, iya)



Nah aku harus mempersiapkan semuanya untuk kuliah jauh dari orang tua,........................



Sampai sini dulu ya ceritanya, nanti aku sambung di PART II nya tentang perjalananku di Tahun 2017 (mungkin banyak mengulik ttg kehidupan baru ku di PKN STAN tercintaaaaah)



Okay?



See you!



BTW hari ni adalah hari ke-365 dari 365 hari di tahun 2017. Bye bye 2017.....



Blog ini sengaja ku buat untuk mengenang masa-masa suram itu. Hahaha. Jadi ketika aku jadi orang sukses (AMIIIIIIIIN), aku akan baca lagi nih blog yang akan membuat ku sadar kalo untuk mendapat kata sukses itu tidaklah mudah :)

Comments

  1. Mbak kalo persyaratan mata min 2 buat beacukai aja apa yang lain juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan mata min 2 khusus untuk bea cukai, mbak. Yang lain enggak. itu peraturan baru:)

      Delete
  2. Mbak kalo persyaratan mata min 2 buat beacukai aja apa yang lain juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persyaratan batas minus mata 2 itu hanya untuk jurusan bea cukai.

      Delete
  3. waktu itu mba ikut bimbel PKN STAN gitu ga buat lulus USM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah engga ikut bimbel, berusaha sendiri tanpa membebani ortu :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman PKL di Kantor Pajak

Pengalaman Tes Masuk PKN STAN 2017

Part 1: Tahap MFD Minggar | Pengalaman Latsar CPNS Kementerian Keuangan Lengkap