Pengalaman PKL di Kantor Pajak


Hello fellas, welcome back to my blog channel (alay dechhh).

Disini aku bakalan ceritain masa-masa PKL (Praktik Kerja Lapangan). Nah, aku dapet PKL di homebase, tepatnya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru *tiiiiiiiiiiiiiiit*, sensor wkwk. Angkatan saya kebanyakan dapet tempat PKL di tempat pilihan masing-masing. Jarang tuh yang kesasar ke daerah antah berantah. Beda sama OJT dan penempatan definitif yang penempatannya berdasarkan ............. dan ............ Eits, penasaran titik2 itu apa? Makanya ikuti terus blog ini dari awal sampe bab akhir biar dapet jawabannya, hihihi.

PKL diberi waktu 4 minggu. Ada kantor yang menerapkan rolling seksi ada yang tidak. Kantor tempat aku PKL kebetulan rolling seksi supaya kami bisa sedikit banyak tahu mengenai pekerjaan-pekerjaan di kantor.

Di MINGGU PERTAMA dapet penempatan seksi pelayanan (TPT = Tempat Pelayanan Terpadu). Di TPT inilah tempat WP bertemu secara langsung dengan petugas pajak. Jadi TPT adalah tempat segala macam bentuk pelayanan perpajakan seperti pembuatan NPWP, penerimaan surat, penerimaan SPT, hingga konsultasi masalah perpajakan. Senyum-sapa-salam sudah menjadi keharusan. Banyak suka duka yang kami alami selama menjadi petugas TPT. Bertemu dengan wajib pajak yang baik adalah rejeki, pun dengan yang kurang baik akan kami hadapi. Ada yang datang dengan hati senang, penuh pertanyaan kepada kami, dan akhirnya puas dengan pelayanan yang kami berikan. Ada pula yang tiba-tiba marah mau bikin NPWP, ketika ditanya pekerjaan nya apa, malah serobot nyemprot ngapain nanya, sudah ditanya dengan baik2 malah gebrak meja, padahal itu memang prosedur nya untuk menanyakan jenis pekerjaan untuk direkam pada sistem. Nah yang gebrak meja itu aku sendiri yang mengalaminya dihadapan sendiri. Waduuh, itu jadi pengalaman yang sangat mendebarkan bagi diriku yang waktu itu masih anak PKL. Tapi ternyata itu membuka pikiran ku mengenai dunia pekerjaan yang keras diluar sana. Tidak lagi waktu bagi kita untuk main-main, senang-senang hangout di cafe menghabiskan uang orang tua, bengong di rumah. Tapi inilah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita dibutuhkan negara ini, kita bisa mengabdikan diri kita untuk negara, bukan menjadi duri. Looooh, sok bijak tapi ngaco ngomongnya wkwkwk. Jangan dibaca yang bagian ngacoo -_-

Next, di MINGGU KEDUA rolling seksi di seksi penagihan. Disini tempatnya gak ketemu WP lagi, yang ada tuh berkas2 penagihan yang tersusun di rak. Kebetulan waktu itu, kami bantu menyusun dan memasukkan STP ke dalam berkas penagihan. Berkas nya banyak banget, tapi mudah dicari karna sudah dinomorin berdasarkan nama WP nya. Kalo udah ketemu, berkasnya harus diambil dari rak dengan lumayan susah, berat banget berkasnyaa karna ada juga yang udah dari tahun 1980-an gitu, wajar dong tebel juga kusam2.

Nah, masuk ke MINGGU KETIGA, rolling lagiiii dan dapet di seksi Pengolahan Data dan Informasi atau dapat disingkat sebagai seksi PDI. Di PDI ini, kami merekam data alket, input SPT, dan lainnyaaaa. Disini sih kami lagi gak terlalu banyak kerjaan karna belum saatnya lapor spt.

Lanjut ke MINGGU KEEMPAT. Seksi pelayanan lagi tapi kali ini di back office. Perbedaan nya TPT dengan back office, kalo TPT tuh melayani NPWP dan SPT. Kalo back office, melayani faktur pajak, efin, dan lain-lain. Waktu itu kantor kami masih misahin tempat TPT dan back office. Tapi sekarang sudah digabung karna sudah mengikuti perubahan peraturan.

Selesai sudah PKL.

Lanjut ke UAS di PKN STAN.

UAS itu seperti biasa,sekitar 2 minggu. UAS terakhir di PKN STAN. Waww. Ga terasa bakal secepat ini. Sebentar lagi liburan dan setelah itu ngapain yaaa?

Comments

  1. Kak masuk D1 pajak,D3 penilaian tinggi badan nya harus 155cm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada batas minimal TB untuk jurusan selain Bea Cukai yaa :)

      Delete
  2. Dapatkan berbagai macam velg mobil keren hanya pada kami toko velg mobil murah tangerang.

    ReplyDelete
  3. Kak, kalo siswa smk jurusan bdp bisa ga ya pkl di kantor pajak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes Masuk PKN STAN 2017

Part 1: Tahap MFD Minggar | Pengalaman Latsar CPNS Kementerian Keuangan Lengkap