Pengalaman Tes Masuk PKN STAN 2017

Alhamdulillah Ya Allah, sungguh besar kuasa Allah atas segala nikmat- Nya. Dari yang awalnya 166.315 pendaftar PMB PKN STAN se Indonesia, yang diterima di PKN STAN 2017 hanya 6.964 peserta saja. Bisa dibayangkan susahnya seperti apa untuk bisa mendapatkan satu kursi untuk bisa kuliah di sekolah kedinasan PKN STAN dibawah naungan KEMENTERIAN KEUANGAN.

Berbagi pengalaman bukan berarti pamer yaaa, sekedar memotivasi bahwa ada niat ada usaha akan ada hasil yang berkah. Insha Allah...

Sumber gambar : http://www.pknstan.ac.id/home/images/sl-1b7ee.jpg?itok=qx33x18r

Pertama kali mengenal Politeknik Keuangan Negara STAN sejak aku diduk dibangku kelas 2 SMA. Karena ketertarikanku tentang PKN STAN, aku pun mengikuti try out dan seminar bedah kampus PKN STAN di kota kelahiranku Pekanbaru. Bayangin, bisa kuliah di PKN STAN Sekolah ikatan dinas terbaik se-Indonesia itu keren bro!!
1. Kuliahnya dibiayai negara
2. Bisa bertemu dan belajar dengan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia
3. Lulus kuliah langsung kerja
4. PNS pula, gaji gede dapat tunjangan pula
5. Dosen nya kebanyakan lulusan Universitas unggulan dan jabatan dalam pekerjaannya bagus. Sehingga materi yg disampaikan juga ttg ke dunia kerja nantinya.
5.Menantu idaman getoooh!! Haha, mau bilang lebay? Monggo, akurapopo mas:)) namanya juga ngarep :|

jreng jreng.. sayang banget hasil try out ku saat itu gagal!! (untung gak nangis ckckck) dengan hasil yang tak seberapa itu aku bisa apa?? :( Nyerah?? Kan hanya try out. Berbekal pepatah kegagalan adalah kesuksesan yg tertunda, aku berhasil membuktikan step by step..

Dengan modal 3 buku pinjaman dari tetanggaku yg gagal masuk PKN STAN dan sekarang melanjutkan kuliah di PTN di kota Semarang serta 1 buku latihan USM yg dibelikan mama. Aku pun mencoba otodidak mencari trik agar bisa berhasil lolos USM STAN tanpa bimbel.
Setiap hari belajar USM PKN STAN minimal 60 soal. Eng ing eng....?+/==!=#/++ lama-kelamaan malah malas dan jenuh, karena tugas sekolah semakin menumpuk, sibuk persiapan lomba, sibuk ujian, ini itu ini ono. Huwadoooh :( kelabakan sendiri. Tapi berkat motivasi dari diri sendiri dan orang-orang terdekat, semangat itu bangkit kembali.
Dan...tibalah saatnya pendaftaran di buka. Waktu itu aku daftar online untuk masuk PMB PKN STAN.

Sumber gambar : http://www.bppk.kemenkeu.go.id/images/pknstan6.jpg

Tahap I (USM PKN STAN)- ujian pun tiba tgl 23 April 2017, berangkat jam 5.30 pagi ditemani mama, pikiran sepanjang jalan campur aduk tak menentu, dan tanpa di sangka-sangka sesampainya di lokasi USM yaitu di UIR Lap. Volly. Astagaaaa, rame banget sumpah!! Peserta se-Riau yg membludak hampir mencapai angka 3500 itu pesaingku semua!! Belum lagi yang ada di daerah lain. Soalnya kan menguji se-Indonesia. Bukan daerah doang. Woooww,menciut nyalimu alifia? (Gumam dalam hati) NO! Inilah saatnya pembuktian kerja keras no bimbel no nyerah... dan benar pada tanggal 3 Mei 2017 alhamdulillah, bersyukur aku dinyatakan lolos tahap I dengan perkiraan skor yang coba kuhitung dan prediksi sekitar 326. Dan yg lebih mencengangkan dari hampir 3500 peserta USM PKN STAN se Riau yg lolos tahap 1 hanya 300 peserta saja!! Ibarat kata nih, jika kamu perang bertarung dikasih waktu 2 jam kamu harus bisa mengalahkan 12 lawan sekaligus. (Senang jingkrak jingkrak tapi gak jumpalitan dan salto kok :))

Sumber gambar : http://www.bppk.kemenkeu.go.id/images/BDK_Palembang/2016/pict/TKK_USM_STAN/DSC_0732_small.jpg

Tahap II (Tes Kesehatan & Kebugaran) - setelah dinyatakan lolos tahap I, saatnya bersiap untuk tahap II. OMG, jarak antara pengumuman & tes TKK nya hanya 4 hari cuyy!! Untuk pertama kali nya nih jogging pagi-pagi atas kemauan sendiri. Biasanya jogging itu karena tes lari disuruh guru olahraga (pemalas ya? Enggak kok, kan itu dulu weeekk) :p
Berawal dari satu kata “NIAT”, aku pasang timer lari keliling lapangan 12 menit TANPA JALAN. Biarpun ngos ngosan, berbecek ria, lanjooot. Eits,, bukan itu aja. Lari shuttle run ada juga loh. Apa itu shuttle run? Shuttle run itu lari membentuk angka 8, trus kamu diharuskan lari secepat kilat seperti the flash. Hehe...(SEMAKIN CEPAT SEMAKIN BAIK)

Dan tibalah tanggal 8 Mei 2017 hari H tes tahap II, bangun jam 4 pagi buta sebelum subuh nih. Walau sempat mual gak mau makan. Mau gak mau kupaksa makan pisang ijo & 1 kaleng bear brand :D
Untuk pertama kalinya aku dan mama keluar rumah se-pagi ini!! Jalanan masih gelap, sepi dan dingiiiiin (untung pake jaket dan masker). Sesampainya disana udah jam 5.45 dan dapet nomor antrean 118. Onde mandeee, udah sepagi ini dapat antrean segitu?? Pertanyaan nya, yang dapet nomor antrean 1 datang jam berapa (?) Padahal tes nya aja dimulai jam 06.30. Alhasil harus lari siang-siang terpancar terik panas matahari karena dapat nomor urut jauh deh. Ya Allah, beri kekuatan untukku!! Amiin

Pernah dengar pepatah menunggu adalah pekerjaan yang membosankan?? Pasti pernah kaaan?? Masa iya nunggu itu capek? Belum lari kok udah capek? Gak boleh yaaa, harus SEMANGAT!
Sekitar jam 10 aku baru dipanggil untuk tes kesehatan. Dari mulai tes mata, hidung, telinga, gigi, ambeien, kulit, varises alhamdulillah semua gak ada masalah, tapi disini aku agak merasa aneh kok bisa tinggiku berkurang 3 cm?? Berat badan malah naik 2 kg?? What’s wrong?? Apa semua orang juga gtu?? Yasudahlah. Ikhlas aja...toh hasil kesehatan aku dinyatakan sehat.

Btw, sering ada yang nanya nih. Kalo mata minus, boleh ga ya daftar di PKN STAN? Boleh kok. Mau berapapun minus nya boleh. Semua jurusan gak ada batasan minus mata, kecuali untuk jurusan Bea Cukai. Kalau kamu minus nya lebih dari 2, berarti otomatis gak bisa keterima BC (Bea Cukai), sehingga diperhitungkan untuk masuk ke jurusan lain. Temen ku ada yang minus 3 kok malahan, selow ae masalah minus mata... Trus masalah tinggi badan. Kalo tinggi badan sama juga. Gak ada batasan minimal berapa, kecuali untuk jurusan BC (Bea Cukai). Minimal 155 cm untuk cewek. Sedangkan untuk cowok minimal 165 cm. Gitchuuu....

Sebelum tes kebugaran (lari 12 menit & shuttle run), pemanasan dulu di pandu panitia. Anehnya waktu mulai pemanasan sampai lari, matahari nya tertutup awan gitu. Jadinya gak terlalu terasa panas padahal saat itu udah jam 11 siang loh (Doa anak solehah nih) :D .Allah mendengarkan doa ku :)
Go fia, go go go.. Run fia, run run run.. terdengar emak kesayangan ku mekik teriak-teriak nyemangatin dari luar pagar. haha, berasa jadi atlet lari sehari saat itu, seneng banget ada yang nyemangatin, jadi lari nya tambah semangat dong. Makasih ya emak the best deh (kiss kiss). Btw rombonganku itu 5 cowok, 5 cewek. Entah apa yang membuatku gak merasa capek dan lambung juga gak berasa sakit saat itu. Mungkin trik lariku udah bener kali yes, hehe. Tiba di menit-menit terakhir, ada 1 cewek yang nyelip. Wadooh, kok bisa tersalip padahal dari tadi bertahan diposisi satu loh di antara 5 cewek itu -,- penting kan lari nya stabil, gak ada jalan. Good :)

Setelah panitia membunyikan peluit nya, peserta harus berhenti lari dan melepaskan rompi nya lalu meletakkan nya di atas tanah. Alhamdulillah dapat 1650 meter selama 12 menit. Dikasih roti dan segelas air mineral, baru duduk bentar sekitar 3 menit eh trus shuttle run, dan gak tau dapat berapa detik saat itu. (Kan yang pegang stop watch nya bukan aku -_-) Beberapa hari kemudian tepatnya tanggal 23 Mei 2017 namaku tertera didaftar pengumuman. Yap, dari awalnya 300 peserta yang berasal dari Provinsi Riau yg lolos tahap I, kini mengerucut menjadi 159 saja untuk yg lolos tahap II! Dan alhamdulillah, aku dinyatakan lolos tahap II. Selamat ya Alifia (prok prok prok)

Sumber gambar : http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Tes-CPNS-6.jpg

Tahap III (Seleksi Kompetensi Dasar) Ini tahap terakhir ya mas mbak :) ohya, keesokan hari setelah tes lari aku sempatkan ke toko buku beli buku SKD, buku nya TEBAL banget!! menjelang tanggal 5 juni. Membagi waktu antara belajar SKD dan SBMPTN itu bukan perkara mudah bro!! Biarpun sempat kecewa dengan hasil kegagalan SNMPTN itu tidak menjadikanku pesimis (buktinya aku kuat dan gak nangis) :D Membuat ringkasan di buku tulis, kemana-mana bawa buku UUD 1945, menghapal isi UUD 1945, menghapal sejarah kemerdekaan, ngerjain soal-soal sampe ngantuk, TO sampe 17x, dll. (Capek tau) :D
Sampe bener bener lelah, kepengen free, kangen nonton, kangen ke mall , kangen kamu, ehh apaan dah :| Tetapi gimana? tahap terakhir di depan mata. Demi selangkah menuju gerbang PKN STAN aku bersedia ikhlaskan semua waktuku untuk kelulusanku nantinya, demi membanggakan dan membahagiakan orang tuaku serta adikku juga nantinya.
Saat hari H, di balai diklat kota Pekanbaru, tepatnya tanggal 5 Juni 2017. "Cepat kali adek datang nya, tes nya masih lama loh", balas senyum aja. Dapat kloter ke 3 dan datang 3 jam sebelum tes membuatku mulai pusing gaktau kenapa. (Mungkin nervous ditambah saat itu aku juga sedang menjalankan puasa ramadhan kali ya) alhamdulillah kami dipersilahkan sholat dhzuhur sebelum tes. Doa semakin ku kencengin, dalam pikiran hanya ada satu kata LOLOS!
Mulai deh masuk ke ruangan tes. Sebisa mungkin kukerjakan soal demi soal berharap benar tanpa ada yang salah. Taraaa.. Di layar lcd terpampang 364 skorku, sempat kecewa diluar prediksi karna di tiap try out rata rata hasil tkd ku selalu berkisar 380 bahkan pernah mencapai 402.
Hanya bisa pasrah saat itu, biarpun lolos nilai mati bukan berarti kamu udah fix diterima di PKN STAN loh, di rangking nasional bro!! ( so, tetap rendah hati, bawa dzikir, jangan jejingkrakan dulu deh) :/
Ini tahap terakhir!! gak mau kan jatuh di tahap terakhir?? Biarpun sakit tapi gak berdarah, tapi tetap sakit nya nyesek!! ..

Akhirnyaaaaa, pengumuman tahap akhir pun tiba. Harusnya sih tanggal 16 Juni 2017 (biar surprise kalee) :D Takut bercampur deg degan rasa pengen minum es cendol tiba tiba berasa kerongkongan kayak kering gitu, hahaha. Dan setelah perjuangan yang begitu menguras pikiran waktu dan tenaga itu, perlahan kuberanikan melihat hasil pengumuman di layar laptopku. Jlebbb...busyet jaringan super lemot!! Semakin gak sabaran aku telpon dan minta tolong teman membuka link nya. Dan gak berapa lama.... "Wiiiihh....selamat ya fiii, alhamdulillah lu lolos PKN STAN"
Subhanallah, aku lulus di PKN STAN 2017? I'am stanners 2017? Ya Allah, tak henti hentinya aku bersujud syukur. Percayalah, usaha tidak akan mengkhianati hasil (sampai sekarang masih merinding rasa gak percaya aku bisa mendapatkan satu kursi di PKN STAN)

Hmm, tapi aku juga diterima di jurusan teknik informatika di salah satu PTN lewat jalur SBMPTN. Selain itu, diterima lewat jalur PBUD undangan di jurusan teknik perminyakan di salah PTS ternama membuatku bingung,tapi aku mantapkan tekadku memilih pujaan hatiku untuk lanjut kuliah di PKN STAN jurusan D1 Pajak (impian sejak kelas 2 SMA). Aku anak Indonesia, aku cinta Indonesia, Aku siap menjadi Abdi Negara!!
I'm Stanners 2017


Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan komentar di bawah ini.
Insha Allah saya jawab :)

Comments

  1. Sangat memotivasi sekali. Semoga bisa menyusul :')

    ReplyDelete
  2. Terimakasih motivasinyaa, semoga bisa menyusul 2018👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sama-sama. Amiiiin ya Robbal Alamin. Penting berusaha dulu semaksimal mungkin, baca pengalaman pengalaman di blog agar bida menambah motivasi kamu, dan jangan lelah untuk terus berusaha. Karena tes nya sudah semakin dekat :) Semangat yaaa calon staners 2018!

      Delete
  3. Ceritanya bikin nangis kakak, huhuhu makasih kak motivasinya semoga aku bisa nyusul kuliah di STAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, jangan nangis dong :')
      Saya doakan yaa yang baca blog ini bisa nyusul kuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN. Amiiiiiiiin Ya Robbal Alamin.

      Delete
  4. Kak bagaimana cara belajar kakak waktu mau USM STAN? Terus apakah tipe tipe dalam soal itu caranya sama plek atau dibalik" gitu jawab ya kak makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara belajar saya waktu mau USM PKN STAN, saya catat tuh rumus rumus yang agak rumit dan susah diingat. Misalnya rumus pecahan sederhana, rumus kecepatan, atau rumus lainnya. Trus 2 atau 1 hari sebelum USM, sya review kembali biar makin ingat.
      Nah. Saya kan juga lemah di TBI, maka nya saya beli juga buku grammar-toefl di toko buku. Trus saya catat juga tuh di buku rumus kalimat nya. Misal nya rumus utk word order, tu kan ada urutan urutan nya, saya catat dan saya review 2 atau 1 hari sebelum USM.
      Trus latihan latihan soal TBI terus terusan. Walaupun kesukaan saya di TPA, tapi kalo nilai TBI nya gak lolos nilai mati kan sama aja gak lolos walaupun nilai TPA nya besar.
      Cara cara itu lumayan manjur bagi saya. Dan mungkin bisa kamu terapkan juga :)


      Tipe tipe soal di USM itu biasanya soal nya sama dengan tahun lalu dengan beberapa variasi. Tapi caranya juga gak sama plek gtu. Ada yang diperumit juga kadang.

      Delete
    2. Oya waktu mau USM, saya juga perbanyak try out. Baik offline maupun Online. Dan sekedar kamu tahu aja, USM PKN STAN tahun 2017 itu jaraknya 1 minggu setelah SBMPTN 2017. Gak tau utk tahun 2018 bakal sama kayak gtu atau gak.
      Jadi bisa dibayangin betapa kelabakan nya, dan bingung mau belajar buat SBMPTN dlu atau buat masuk PKN STAN dlu. Hahaha. Yaa, pandai pandai bagi waktu aja kalo udah musim musim ujian untuk masuk kuliah spt itu :)

      Delete
  5. Sangat memotivasi, terima kasih kak. Sukses bikin nangis, semoga bisa nyusul di PKN STAN jurusan DI Pajak juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa memotivasi banyak orang. Sukses yaaa khoirun nisak. Semoga impian mu terwujud. Kunci nya banyak berlatih dan pandai pandai me manage waktu untuk sekolah dan persiapan masuk kuliah :) Semangat calon staners 2018

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, kak di jurusan pajak banyak hapalan kah?

      Delete
    2. Secara garis besar ada dua macam pelajaran di PKN STAN, hitungan dan hafalan. Sama seperti mahasiswa fakultas hukum yang menghafal begitu panjang barisan undang-undang, mahasiswa STAN tak kalah banyak menghafal tentang peraturan per-UU-an pajak (bagi yg jurusan pajak) atau per-UU-an kepabeanan dan cukai (bagi yg jurusan bc). Sedangkan hitungan, kami juga ada yaitu di pelajaran akuntansi dan pajak. Jadi menurut saya lumayan banyak hapalan. Tapi ada hitungan jg.

      Delete
  7. Sangat menginspirasi sekali kakak fia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih ya mas angga, segan fia jadinya ada senior BLM seperti mas angga berkunjung ke blog saya :)

      Delete
  8. Kak, waktu tes TPA sama TBI itu apa ya ada sesi"an atau sekaligus abis ngerjain tpa langsung lanjut ngerjain tbi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesudah TPA langsung lanjut ngerjain TBI. Gak ada istirahat seperti SBMPTN. Jadi waktu untuk mengerjakan soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, setelah waktu mengerjakan TPA habis, langsung disuruh meletakkan soal TPA di bawah lantai dan lanjut mengerjakan soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan 50 menit. Kalau waktu untuk mengerjakan TPA nya sudah habis gitu, dilarang mengerjakan soal TPA lagi :)

      Delete
  9. Ada tes wawancara juga nggak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada. Tes wawancara sudah tidak diadakan lagi sejak tahun 2016

      Delete
  10. Tes yang paling sulit tuh tes apa ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya relatif sih. Tergantung orangnya. Tapi kalau menurut saya yg paling sulit itu tes tahap pertama (USM). Karena itu yg paling banyak menggugurkan peserta

      Delete
  11. Kaak, kuliah pajak itu sibuk bgt kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya di bilang sibuk, enggak. Di bilang gak sibuk, juga enggak. Relatif, tergantung mahasiswa nya. Kalau bisa menyesuaikan waktu dan tugas tugas dari dosen cepet diselesaikan (tidak menunda tugas), iya gak terlalu sibuk banget kok. Tapi kalo nunda nugas terus, siap siap aja begadang kelabakan karena numpuk tugas :D

      Delete
  12. Tes kesehatan itu meliputi apa aja ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes kesehatan itu bagian dari tes tahap kedua yaitu TKK (Tes Kesehatan dan Kebugaran). Tes kesehatan nya ada mengukur tinggi badan, berat badan, tes mata, tes buta warna, cek varises, cek kesehatan gigi, cek kulit dan cek tensi. Trus ditanya nanti, riwayat penyakit nya apa aja. Gitu rismi :)

      Delete
    2. Berat badan nya Pake batasan kak?

      Delete
  13. Waah keren dan sangat memotifasi banget teh cerita perjuangan teteh patut d apresiasi..ucchh

    Sukses terus teh😊
    @prdypermana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih yaa. Sukses juga buat kamu :)

      Delete
  14. Waah keren dan sangat memotifasi banget teh cerita perjuangan teteh patut d apresiasi..ucchh

    Sukses terus teh😊
    @prdypermana

    ReplyDelete
  15. Kak maksudnya *lulusansannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun* itu apa ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya. Jadi gini dek, pada umumnya sekolah kedinasan itu memiliki kontrak kerja, dimana lulusannya berkewajiban menjadi abdi negara dalam waktu tertentu. Tak terkecuali PKN STAN. Rumusnya 3N+1. (N=masa pendidikan). Jadi kalau lulusan DI, maka wajib menjalani ikatan dinas minimal 4 tahun sejak CPNS. Sedangkan yang lulusan DIII minimal 10 tahun. Tetapi bukan berarti setelah 4 atau 10 tahun itu lewat kita pensiun. Kita tetap bekerja. Hanya saja ketika misal kita nanti resign (mengundurkan diri) dari PNS sebelum kontrak kerja, kita dikenai biaya ganti rugi.

      Delete
    2. Lokasi bekerjanya itu apa dari pihak sana yang nentuin ka?

      Delete
    3. Untuk lokasi bekerja nya, pemerintah yg nentuin. Gabisa milih. Tapi biasanya ada kemungkinan setiap 4 tahun sekali mutasi (pindah kantor). Dan bisa juga tidak mutasi. Tergantung kebijakan pemerintah :)

      Delete
  16. kak kalo boleh tau dulu pilihan jurusan kakak apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu pendaftaran online dulu, kita disuruh memilih prodip nya yaitu 9 prodip utk cewek dan 10 prodip utk cowok (karena cewek gak bisa memilih prodip D-III Bea Cukai). Setelah itu, diurutkan sesuai prioritas.

      Saya sendiri kurang ingat urutan waktu saya pendaftaran online tahun 2017, tapi seingat saya, saya milih:
      pilihan pertama D-IV Akuntansi
      pilihan kedua D-III Pajak
      pilihan ketiga dst nya lupa,
      tapi pilihan ketujuh kalo gasalah saya milih D-I Pajak. Nah saya keterima di pilihan ketujuh itu, alhamdulillah.

      Delete
  17. Termotivasi dengan cerita yang penuh makna, selamat fia..

    ReplyDelete
  18. Makasih kak 😄... Sangat memotivasi.. Usaha dan tekad kakak patut dicontoh 👍.. InsyaAllah setahun lagi aku nyusul ya kak.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 :D
      Aamiin Ya Robbal 'Alamin...
      Semangat yaaa!!!

      Delete
  19. dlu cra belajar tkd nya gmn kak ? trus wkt to tpa tbi rata2 nilai nya brpa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya pelajari dari Buku TKD CPNS, trus ikut try out terus (aku sendiri dlh try out TKD 17 kali), latihan soal sebanyak mungkin. Untuk materi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), aku ngeringkas materi nya di satu buku tulis karena aku merasa lemah di TWK, materi nya terlalu banyak dan ingatan aku juga gak kuat. Jadi, waktu beberapa hari sebelum TKD, aku review lagi materi dari ringkasan aku itu. Dan itu manjur banget.

      Waktu TO TPA TBI, nilai aku naik turun, tergantung mood ngerjainnya. Tapi kalo di rata2 nilai TO nya 340-an. Tapi di USM yang sebenarnya nilai ku 326😂

      Delete
  20. Kak langkah cetak bpo itu gimana, sama kertasnya pake ukuran apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu info resmi waktu pendaftaran dibuka saja yaa (9 April 2018), karena kalo ikut aturan tahun 2017, takutnya beda. Nanti akan dijelaskan kok cara2 nya oleh peraturan dari pemerintah

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. sejauh ini, gmn pengalaman kamu kuliah di stan? susah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Susah atau tidak itu relatif tergantung orang nya gimana mau mengikuti sistem belajar di PKN STAN atau tidak, mau mematuhi segala aturan atau sebaliknya. Jika mau dan mampu mengikuti kuliah dengan baik, Insha Allah tidak ada kata susah:)

      Delete
  23. Kak, jadi mahasiswa PKN STAN harus hafal UUD 1945 ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Itu isu dari mana ya? Hehe. Saya aja yg alumni tidak hapal :D

      Delete
  24. Hari paling bahagia adalah saat bisa diterima di STAN hehehe. Apalagi sampai banyak tahapan yang harus dilewati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, segala hal yang terjadi dalam hidup harus disyukuri:)

      Delete
  25. Ka, kalo misalkan gigi berlubang atau tanggal. Memengaruhi nilai test kesehatan ngga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk tes kesehatan pada gigi atau mulut, lebih diprioritaskan pada mulut yang bersih atau gak nya dan ada gigi yg busuk atau tidak.

      Delete
  26. Kak, beda D3 pajak dan D1 pajak itu apa ya kak? Lalu ada gelarnya kah Kak?

    Terima kasih Kak sangat memotivasi saya sebagai pejuang PKN-STAN 2020 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya D3 dan D1 hampir tidak ada beda. Keduanya sama-sama:
      – Tes masuk nya sama, dsb.
      - Kuliahnya Di PKN STAN,
      - Sama–sama di bawah naungan Kementerian Keuangan,
      - Sama–sama akan bekerja menjadi CPNS di lingkungan kementrian keuangan,
      - Kuliah Lagi (Setelah 2 tahun wajib kerja, baik D1 maupun D3 dapat mengajukan tes untuk kuliah lagi, bisa kuliah di PKN STAN maupun di luar PKN STAN)


      Perbedaannya:
      - masa kuliah (D1 = 1 tahun, D3 = 3 tahun. Sehingga yang D1 memiliki peluang D.O. lebih kecil)
      - golongan PNS (Fresh Graduate nya D1 itu Gol. IIA, kalo D3 Gol. IIC. Kenaikan pangkat PNS tiap tingkatan (dari II-A ke II-B dari II-B ke II-C dan seterusnya) yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat)
      - Gaji dan Tunjangan Kinerja (Beda golongan, beda gaji dan tukin dong ye)
      - Gelar

      Ada gelar? Ada dong.
      Untuk D1 gelarnya A.P (Ahli Pratama)
      Untuk D1 gelarnya A.Md (Ahli Madya)
      Untuk D4 gelarnya S.Tr (Ahli/Sarjana Terapan)

      Terima kasih kembali dan selamat berjuang. Semoga hal yang kamu inginkan bisa tercapai. Aamiin o:)

      Delete
  27. Kak, tolong jelasin. Jurusan Bea Cukai tesnya apa saja dan tahap"nya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun 2018, tes nya berbeda dengan angkatan aku di 2017. Jadi aku akan bahas yg tes di tahun 2018 nya yaaa.

      1. TKD (Tes Kompetensi Dasar)
      Di TKD ada tiga bagian dari ketiga-tiganya kalian harus lulus ambang batas.
      TKD terdiri dari TWK, TIU, dan TKP.
      -Pada TWK biasanya ditanyai tentang UUD 1945, UUD sebelum amandemen, konstitusi sebelum UUD 1945, bagian tentang PancasilA, sejarah penjajahan.
      -Di TIU seperti TPA tapi versi mudahnya. Seperti baris, deret, silogisme, dsb.
      -Di bagian TKP menjawab pertanyaan tentang sikap yang menurut kamu paling benar.

      2. TPA (tes Potensial Akademik)
      Harus melewati nilai mati yaitu 1/3 dari soal.

      3. TBI (Tes Bahasa Inggris)
      diberi waktu 20 menit dengan 30 soal. Sama seperti TPA, TBI juga harus melewati nilai mati yaitu 1/3 dari soal.

      Khusus untuk bea cukai, ada tambahan tes yaitu TKK (Tes kesehatan dan kebugaran).
      1. Tes Kesehatan: TB, BB, minus mata, buta warna, kulit, gigi dan mulut, varises, dsb.
      2. Tes Kebugaran: lari 12 menit dan shuttle run.

      Delete
  28. Blognya sangat bermanfaat jangan lupa mampir keblog syaa juga
    http://siappknstan.blogspot.com

    mampir ya yang mau try out gratis

    ReplyDelete
  29. Kak,kalo abis test USM PKN STAN, apakah ada ujian lagi untuk jurusan yg kita pilih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tahun 2019, ada lagi ujian setelah USM PKN STAN tapi bukan berdasarkan jurusan yang kita pilih. Semua tes nya sama untuk semua jurusan.

      Urutan tes nya:
      1. Ujian tertulis (CAT)
      2. Ujian Psikotes
      3. Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK)

      Delete
  30. Kak, minus ku 5 apa bisa daftar? Aku takut gagal karena minusku yang gede 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah bisa kok. Minus Mata tidak terlalu diperhatikan kecuali jurusan bea cukai ada batas minimal minus 2.

      Btw temenku ada loh yang minus 7 tapi tetep keterima.. Keep spirit!

      Delete
  31. kak, berarti pas daftar buat nentuin jurusan apa, itu diurutin ya? dari yang paling pengen? faktor penentu buat masuk jurusan apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diurutin berdasarkan prioritas kita.
      buat masuk jurusan apa maksudnya nihh?

      Delete
  32. Kak, gigiku berlubang, apakah gigi berlubang juga menentukan tes kesehatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gigi busuk atau tidak. Kalau hanya berlubang tidak terlalu diperhatikan.

      Delete
  33. Nilai SKD nya 364. Nilai TPA dan TBI nya berapa saat itu bisa lolos. Untuk komparasi prediksi sj. Mksh

    ReplyDelete
  34. Terimakasih atas motivasi dan bisa merubah mainset ku dari detik ini bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga dapat tercpai hal2 yang diinginkan, Dan semoga blog ku bisa memotivasi semua pembaca. Aamiin o:)

      Delete
  35. kak, pas tes kebugaran pulangnya jam berapa ya? jam 12 siang sudah selesai blm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa dipastikan. Tergantung dateng ngambil antrian nya jam berapa dlu. Kalo aku dateng jam 6, dn baru kebagian tes nya jam 11 an

      Delete
  36. Assalamualaikum kak, ini beneran aku mau nanya. Bisa ga kalo misalnya minus 5 tapi ngambil pajak? Makasih kak tolong dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah bisa kok. Minus Mata tidak terlalu diperhatikan kecuali jurusan bea cukai ada batas minimal minus 2.

      Btw temenku ada loh yang minus 7 tapi tetep keterima.. Keep spirit!

      Delete
  37. Makasih kakk, ceritanya memotivasi, semoga saya bisa lolos, dan menjadi salah 1 dari 3000 mahasiswa baru PKN STAN 2019, pengumuman tgl 6 september 2019, semoga hasilnya sesuai harapan saya dan orang tua saya 😭🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga besok merupakan hari terbaik kamu dapet apa yang kamu cita-citakan. Aamiin o:)

      Delete
  38. Nanya nih kak
    Mengenai kos ato asrama bagaimana apa butuh biaya tertentu untuk sewa kos pertahun,mks🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk biaya hidup (seperti kos, biaya makan, dll) dibiayai sendiri, bukan dibiayai instansi. beda dengan dlu, dlu STAN punya asrama untuk mahasiswa, sekarang tidak lagi.

      Delete
  39. Replies
    1. BB ditanya, tapi tidak terlalu berpengaruh kok. asalkan Tes Kebugarannya lolos.

      Delete
  40. Pas tes kesehatan kta d suruh telanjang(maaf) g si kak

    ReplyDelete
  41. Kak, kalau gigi berlubang gitu bisa bikin gagal lolos TKK STAN nggak?

    ReplyDelete
  42. kak kalau misalkan kita dapet d1 pajak atau d1 beacukai apa bisa lanjut ke d3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lanjut kuliah di PKN STAN, bisa juga lanjut di luar instansi PKN STAN

      Delete
  43. Asskum kak....
    Saya mau tanya kak, saya tinggal di kota kecil tentunya untuk cari buku stan kata kakak itu sulit sekali gimana cara mendapatkan buku tsb ya kak ...
    Dan ikutan tes try out TKD itu gimana ya kak ..apakah hrs bimbel dl atau gimana kak..
    Terima kasih ya kak semoga saya th depan dpt berjuang msk stan seperti kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk buku2 persiapan USM PKN STAN, banyak yang jual di online store. Untuk tes try out TKD nya ada yang gratis dan ada yang berbayar, tergantung dari pihak penyelenggara.
      Yuk semoga lolos ya. Aamiin

      Delete
  44. Misi kak saya mau nanya kalo giginya berlubangnya sudah parah terus ada yang patah bisa masuk ke persyaratan masuk pkn stan gak kak?

    -makasih-

    ReplyDelete
  45. Maaf mau tanya, untuk penyeleksian akademinya itu mapel tentang akutansi ny byk tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung d1 atau d3. Kalou d1 cuma pelajari akuntansi dasar. Kalau d3 pelajari akuntansi dasar, intermediate dan advance

      Delete
  46. Kak, kok aku pesimis ya? Gimana sih kak biar g pesimis mikirin pesaing kutavyang banyak......

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg terpenting persiapkan semaksimal mungkin latihan2 soal. Semangat terus ya dan jangan mudah putus asa, oke!

      Delete
  47. Kak, waktu pengerjaan tpa sama tbi masing2 berapa menit kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesudah TPA langsung lanjut ngerjain TBI. Gak ada istirahat seperti SBMPTN. Jadi waktu untuk mengerjakan soal TPA 120 soal dengan waktu pengerjaan total 100 menit, setelah waktu mengerjakan TPA habis, langsung disuruh meletakkan soal TPA di bawah lantai dan lanjut mengerjakan soal TBI 60 soal dengan waktu pengerjaan 50 menit. Kalau waktu untuk mengerjakan TPA nya sudah habis gitu, dilarang mengerjakan soal TPA lagi :)

      Delete
  48. Kak ,kalok misalkan calon pendaftar PKN STAN ,dia punya penyakit TB gitu kk,tapi skrg dia msh tahap pengobatan baru sebulan gitu kk,kan TB kn harus 6 bulan ,itu kk klok pas tes kesehatan nya kira kira bisa lolos gak kak ?atau mmng udh pasti gugur ?mksh kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari kebijakan panitia nya dek, kurang tau juga kalau itu...

      Delete
  49. ya Allah, keren banget sih ka. aku pikir awalnya gamau baca cerita kaka karna ujung"a pasti ikut bimbel PKN STAN. ternyata belajar sendiri. kereeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, belajar otodidak tanpa bimbel. Karna saya tipe anaknya lebih ngerti kalau belajar sendiri..

      Delete
  50. Yuk dapatkan berbagai macam penawaran menarik hanya pada kami toko velg mobil di tangerang.

    ReplyDelete
  51. Kak.brp tahun/bulan sihh kaka nyiapin buat ikit tes spmb pkn stan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 1 tahun, tapi baru bener2 maksimal nya sekitar 4 bulanan. Karna banyak banget tugas, ulangan, ujian waktu mau lulus SMA :(

      Delete
  52. Kak untuk 2021 kemungkinan menerima mahasiswa baru ngak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, menerima mahasiswa baru namun untuk tahun 2021 ini hanya untuk prodi D4 yang dibuka

      Delete
  53. Kak orang yang matanya minus 5 bisa masuk STAN nggak:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong, tapi untuk jurusan bea cukai ga bisa yaa (minimal minus 2)

      Delete
  54. Memotivasi banget kak ceritanya😍Bismillah, semoga 2022 bisa nyusul disana, aamiin🥰

    ReplyDelete
  55. Di tes kesehatan kan di tes macam-macam kesehatan tubuh termasuk kulit. Nah, kulit saya gak halus gitu kak, ada beberapa bekas dari penyakit (misal nanah, luka gores dll) itu berpengaruh ga ya? Terimakasih 😅😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo detail nya saya kurang tau, masih menjadi misteri juga kalo itu hehe:)

      Delete
  56. Memotivasi banget kakk.. saya yg tadinya males jadi semangat lagi.. kak, kk kan juga keterima sbmptn, dulu kk belajarnya gimana sih kaa, bisa semuanya lolos,, terus kk klo sbm itu ikut bimbel gak? Oiyaa, berarti yg tes bb, kulit, gigi, ambeien cuma buat bea cukai ya kak? Berarti klo jurusan selain bea cukai gk perlu tes itu semua? Tolong dijawab ya kak.. doain saya kak semoga lulus stan 2021 aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Alhamdulillah kalo tulisan saya memotivasi. Semoga apa yang kamu cita-citakan tercapai, Aamiin :)
      Dulu saya lebih prefer belajar materi USM PKN STAN daripada SBMPTN karena memang pengen fokus masuk PKN STAN, tapi ga melupakan belajar SBMPTN jugaa karena ga pengen gegabah hanya ke satu tujuan gitu. Minimal bikin cadangan lah jika ga lolos. Kebetulan materi USM PKN STAN dulu ada TPA nya juga yang ada juga di SBMPTN, jadi secara ga langsung belajar untuk kedua nya. Nah, untuk tahun 2021 sekarang udah beda, masuk PKN STAN lewat jalur UTBK, gada lagi tuh USM PKN STAN.
      Nooo, tes kesehatan itu untuk semua jurusan yaa.

      Delete
  57. Mantapp, oiya kakak sekarang dinas dimana yaa hihi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Saya dapat penempatan di daerah homebase saya, yaitu Kota Pekanbaru.

      Delete
  58. Kata kakak selagi giginya gak busuk, nah gigi busuk itu maksudnya gimana?
    Aku punya lubang hitam di gigi taring nah itu kira² gigi busuk? Diterima gak ya?

    ReplyDelete
  59. Masuk stan harus bisa bahasa Inggris kah? Terus kakak bisa spill buku belajar untuk masuk stan?

    ReplyDelete
  60. Kak masf tes kesehatan itu telanjang ga

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman PKL di Kantor Pajak

Part 1: Tahap MFD Minggar | Pengalaman Latsar CPNS Kementerian Keuangan Lengkap